Minggu, 05 November 2017

Sosialisasi Empat Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Sawangan-- Danramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Adi Sanyoto  memberikan materi Empat Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan bernegara kepada peserta Forum Keserasian Sosial Rukun Manunggal bertempat di Balai Desa Margoyoso Kecamatan Salaman, sabtu kemarin.

Forum yang mengangkat Tema "Menjaga Ketertiban dan Keamanan Memupuk Semangat Gotong royong" di selenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Magelang diikuti warga masyarakat Desa Margoyoso Kecamatan Salaman.

Menurut Danramil Sosialisasi empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. yang merupakan hasil perenungan pemikiran para pendiri bangsa Indonesia yang dilandasi nilai-nilai luhur etika budaya dan semangat persatuan kesatuan bangsa, Keempatnya memiliki  ruang lingkup yang sangat luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sosialisasi terkait empat hal ini penting dan harus terus berkelanjutan kepada seluruh lapisan masyarakat karena kehidupan kita senantiasa berkembang, dinamis, sehingga pemahaman kita harus senantiasa disegarkan  terhadap nilai nilai luhur bangsa " ujarnya.

Sosialisasi empat konsensus dasar semakin relevan dan memiliki tingkat urgensi yang tinggi karena masyarakat terus berkembang, tidak lagi ada sekat, semua saling terhubung dengan baik tidak ada batasan dan perbedaan, wilayah yang tanpa ada batas.

"Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan pembinaan ini dapat meningkatkan nilai-nilai kebangsaan dan memperkuat kembali kehidupan berbangsa dan bernegara" imbuhnya

Lebih jauh kegiatan tersebut diharapkan dapat menanamkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, memperkuat potensi integrasi bagi masyarakat serta rasa gotong royong, kerukunan umat beragama, suku, golongan dan ras dalam bingkai NKRI.

Di ahir ceramahnya Adi Sanyoto berpesan agar warga tetap menjaga persatuan dan kesatuan, tidak mudah terprofokasi dan lebih dewasa dalam menyikapi berita yang ada di media sosial.

Hadir dalam forum tersebut sebagai nara sumber,  Forkopimcam kecamatan Salaman, Camat Salaman Joni Indarto AP MSi, Kapolsek Salaman AKP H Busro yang menyampaikan materi tentang Kamtibmas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar