Rabu, 08 November 2017

Penanaman Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan Melalui Live In Nature

Magelang (pendimmgl) --- Serda M.Kristiyanto, anggota Koramil 15 Dukun Kodim 0705/Magelang mengikuti kegiatan “live in nature” SMA St Yoseph Jakarta di Desa Mangunsoko Kecamatan Dukun

Kegiatan mulai tanggal 6 hingga 9 Nopember 2017 tersebut bertujuan untuk memperkenalkan siswa/siswi pada kehidupan masyarakat desa lewat metode tinggal dan terlibat bersama dengan keluarga petani dan ikut dalam kegiatan masyarakat desa yang berbasis alam dan budaya Merapi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari tersebut diikuti oleh 82 siswa/siswi terdiri dari 33 siswa dan 49 siswi serta 8 orang guru pembimbing.

Menurut H. Triatmoko, Koordinator Tim Edukasi Gubuk Selo Merapi (EGSPI) kegiatan tersebut sangat positif sekali karena mengajak siswa untuk memahami dan belajar tentang kehidupan masyarakat desa,adat istiadat dan budaya.

Kedepannya Trihatmoko berharap pada generasi muda penerus bangsa kelak mereka apabila sudah menjadi pemimpin akan terus melestarikan adat istiadat, budaya dan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat desa.

Serda M.Kristiyanto disela - sela pendampingan kegiatan  juga memberikan materi tambahan berupa wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuannya adalah agar siswa paham bahwa Indonesia yang sangat kita cintai ini terdiri dari bebagai macan suku, budaya dan adat istiadat namun tetap satu seperti yang tertuang dalam semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika. Juga karena akhir - akhir ini semangat nasionalisme mulai luntur. Untuk itulah perlu ditanamkan kepada generasi muda tentang wawasan kebangsaan.

Ditempat  terpisah,  Romo Jonet Triatmo,Pr yang merupakan Romo Paroki Sumber mengucapkan banyak terima kasih kepada Koramil 15/Dukun yang sudah memberikan pendampingan dan pembekalan kepada siswa SMA St.Yoseph Jakarta.

Romo berharap kedepan kerja sama ini akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan agar generasi muda sebagai penerus bangsa mumpunyai akhlak yang mulia dan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi sehingga bangsa Indonesia yang sangat - sangat kita cintai ini akan terus ada tidak terpecah belah karena kita sangat mencintai NKRI.

Ditemu di kantornya, Danramil Dukun Kapten Inf.Rahayu  mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh amggota koramil ini adalah untuk menanamkan jiwa patrotisme cinta tanah air sehingga  sebagai generasi muda mereka akan semakin mencintai tanah airnya yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai,

“Jangan sampai generasi muda kita jiwa nasionalismenya luntur karena arus globalisasi. generasi muda harus pandai memfilter budaya dari luar”ujar Rahayu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar