Kamis, 02 November 2017

Matun, Babinsa Bantu Bersihkan Gulma

Magelang – Babinsa Koramil 23/Magelang Utara  Kodim 0705/Magelang Sertu Pargiyat membantu petani membersihkan gulma di lahan persawahan padi milik Paijo (58), warga kampung Wates Beningan Kelurahan Wates, Kecamatan  Magelang Utara, Jum’at  (03/11).

Dalam rangka membantu peningkatan produksi padi dan upaya mensukseskan swasembada pangan nasional, Babinsa Koramil 23/Magelang Utara  Sertu Pargiyat memotivasi dan mengajak para petani di wilayah binaannya untuk lebih rutin dalam merawat dan memelihara tanaman padi, termasuk dalam mengendalikan gulma.

Gulma pada tanamn padi merupakan tanaman pengganggu yang apabila tidak ditangani secara serius bisa menjadi kendala serius bagi para petani karena dapat menurunkan produksi padi. Dominasi gulma pada tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa panen sangat besar sekali pengaruhnya sehingga harus dikendalikan dengan cara dibersihkan atau diwatun.

Gulma disamping mempengaruhi pertumbuhan tanaman juga ada beberapa gulma yang dapat dijadikan inang oleh hama dan penyakit pada tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan sejak dini jelas akan menimbulkan kerugian.

Di tempat terpisah Komandan Koramil Koramil 23/Magelang Utara  Mayor Czi Suharto, mengatakan, dengan adanya pendampingan petani yang dilakukan oleh anggotanya diharapkan dapat memotifasi para petani dan menumbuhkan semangat baru dalam mengolah lahan pertaniannya sehingga memperoleh hasil yang maksimal.(Hbg)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar