Rabu, 08 November 2017

BabinsaSrumbung Ikut Bangkitkan Minat dan Semangat Petani

Magelang (pendimmgl)---Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 16  Srumbung Kodim 0705/Magelang bertujuan untuk mendukung program pemerintah yaitu swasembada pangan nasional.

Upaya khusus yang dijalankan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah yaitu denang upaya khusus peningkatan padi, jagung dan kedelai. Program ini dijalankan oleh Kementrian Pertanian dengan bekerja sama dengan TNI AD khususnya para personel yang bertugas di satuan kewilayahan. Implementasi dilapangan, para babinsa bersama PPL dan petani bahu membahu melaksanakan olah lahan pertanian.

Demikian pula yang dilakukan oleh Serda Suryadi, menjelaskan pada lahan pertanian, Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kecamatan Srumbung khususnya di Kabupaten Magelang.

Disaat musim tanam sepertim saat ini Suryadi bersama PPL aktif mengajak petani bahkan ikut terjun membantu petani tanbam padi. Mayoritas petani Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung memilih bibit padi 64 dan sistem tanam jajar legowo karena keduanya  mampu meningkatkan kualitas dan hasil produksi.

Selain itu, babinsa dan PPL juga aktif memberikan sosialisasi dan penyuluhan pada setiap kelompok tani yang ada di wilayah Banyuadem.

 “ Melalui kelompok tani kami juga  berupaya mensosialisasikan pola tanam jajar legowo untuk meningkatkan produktivitas hasil panennya,” ujar Suryadi.

Dengan turunnya babinsa dilapangan, diharapkan membantu meningkatkan minat dan semangat  para petani dalam mengolah lahan pertaniannya untuk mewujudkan swasembada pangan di desa Banyuadem, sehingga wilayah Srumbung punya adil yang cukup terhadap swasembada pangan di Magelang (hombing)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar